Tujuan:

Untuk menghasilkan dokter spesialis Bedah Plastik Rekonstruksi dan Estetik yang bercirikan :

Secara Umum :

  1. Menjadikan Tridharma Perguruan Tinggi sebagai jati diri dalam lingkungan program studi
  2. Mempunyai rasa tanggung jawab dalam pengamalan ilmu kesehatan sesuai dengan kebijakan pemerintah berdasarkan Pancasila.
  3. Memiliki pengetahuan yang luas, ketrampilan yang optimal, sikap dan etika yang baik sehingga sanggup menjadi insan kedokteran dan kesehatan yang dapat mengamalkan keilmuannya kepada masyarakat Indonesia.
  4. Memiliki kemampuan untuk mengatur dan memotivasi diri dalam melaksanakan pendidikan sehingga tercapainya peningkatan keilmuan berkelanjutan.
  5. Mampu bersikap sesuai tata nilai dan norma-norma yang berlaku dan memiliki etika yang baik dalam bertindak.

Secara Khusus:

  1. Memiliki sikap dan etika sesuai dengan kode etik Kedokteran yang berlaku di Indonesia.
  2. Mempunyai kemampuan berdasarkan keilmuan dan ketrampilan mengenai kasus kegawatdaruratan dan kasus elektif bedah plastik.
  3. Mampu mengembangkan pengetahuan dan ketrampilan bedah plastik sesuai dengan kompetensi yang ditetapkan oleh kolegium ilmu bedah plastik Indonesia.
  4. Mampu mengenal masalah klinis maupun non-klinis bedah plastik di masyarakat dan membuat penyelesaiannya berdasarkan kedokteran berbasis bukti.
  5. Mempunyai kemampuan berkomunikasi dalam bahasa indonesia maupun bahasa Inggris dalam diskusi ilmiah, mengemukakan pendapat, melaporkan pasien dan membuat karya ilmiah selama dalam menjalankan profesinya.
  6. Dapat bekerjasama baik secara internal profesi bedah plastik maupun eksternal dengan profesi lain demi kepentingan pasien dan ilmu pengetahuan.
  7. Bersifat terbuka, tanggap terhadap perubahan dan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi serta masalah yang dihadapi masyarakat.

Sasaran:

  1. Meningkatkan mutu pelayanan kesehatan yang berorientasi kepada kebutuhan masyarakat sesuai dnegan pengembangan pelayanan kesehatan di rumah sakit pendidikan yang berorientasi kepada nilai-nilai utama Budaya FKUI-RSCM
  2. Mengembangkan sarana, prasarana dan sumber daya manusia untuk memberikan pelayanan bedah plastik rekonstruksi dan estetik secara utuh dan terintegrasi.
  3. Meningkatkan publikasi penelitian operasional dan translasional guna mendukung peningkatan aplikasi ilmu pengetahuan dan teknologi kedokteran baik secara nasional maupun internasional.
  4. Membangun suasana ilmiah yang kondusif bagi seluruh civitas akademika dengan meningkatkan sarana dan prasarana pendidikan dan pelatihan yang terstandarisasi nasional dan internasional.
  5. Berperan serta aktif dalam setiap kegiatan ilmiah, penelitian yang berskala nasional dan internasional.
  6. Melaksanakan pengabdian masyarakat secara aktif sesuai dnegan kebutuhan masyarakat.
  7. Melakukan kerjasama/ Memorandum of Understanding (MoU) dengan institusi lain baik dalam maupun luar negeri guna meningkatkan perkembangan ilmu pengetahuan dan ketrampilan.
  8. Meningkatkan kerjasama dengan alumni dan rumah sakit pemerintah di Indonesia untuk penempatan peserta didik sebagai tenaga terlatih sesuai dengan tingkat kebutuhan masyarakat dan kompetensi peserta didik.
  9. Mengikuti pelatihan klinis dan non-klinis serta pelatihan keorganisasian dan manajerial bagi staf pengajar baik di kalangan internal maupun luar lingkungan RSCM-FKUI.