Secara internal, ketua program studi dalam menjalankan tugasnya dibantu oleh koordinator-koordinator yaitu: koordinator keuangan, koordinator pengabdian masyarakat, koordinator penelitian dan pengembangan, dan koordinator pendidikan bedah dasar. Hal ini tak terlepas dari satu keinginan untuk memberikan proses pendidikan dan pelayanan yang memiliki standar mutu yang baik.

Setiap personil dalam struktur organisasi Program Studi Ilmu Bedah Plastik Rekonstruksi dan Estetik melakukan tugas-tugas seperti sistem pengelolaan fungsional dan operasional program studi mencakup perencanaan, pengorganisasian, pengembangan staf, pengawasan, pengarahan, representasi, dan penganggaran.

Tugas operasional bidang pendidikan tercakup dalam proses belajar mengajar yang tertuang dalam kegiatan: bedside teaching, diskusi kasus dilaksanakan saat diskusi ilmiah, presentasi dengan pembacaan naskah ilmiah/journal reading/textbook reading, presentasi teknik operasi, asisten bimbingan, operasi bimbingan, operasi mandiri, serta pembacaan proposal penelitian akhir, dan pembacaan hasil penelitian akhir.

Tugas operasional bidang penelitian dan pengembangan adalah penulisan makalah dan karya akhir yang diproyeksikan agar penelitian dapat dipublikasikan di jurnal terakreditasi baik nasional maupun internasional.

Tugas operasional bidang pengabdian masyarakat adalah penyusunan rencana pengabdian masyarakat yang dilakukan oleh staf dan peserta didik, atau dalam situasi bencana alam, peserta didik dan staf dapat dikirim untuk pertolongan, berkoordinasi dengan rumah sakit dan pihak terkait.

Program studi Ilmu Bedah Plastik Rekonstruksi dan Estetik FKUI dan RSCM saat ini memiliki 8 staf pengajar aktif dan 1 dosen luar biasa, dan di antara 9 staf pengajar tersebut 6 orang merupakan dosen home base. Berikut daftar staf pengajar dan daftar dosen home base.

Saat ini program studi Ilmu Bedah Plastik Rekonstruksi dan Estetik memiliki 8 staf pengajar aktif dan 1 dosen luar biasa serta 5 staf administrasi. Bila dilihat dari jumlah peserta PPDS sebesar 44 orang, maka rasio jumlah staf dan mahasiswa adalah 1 : 4 atau 1:5 yang artinya 1 staf pengajar untuk 4-5 peserta didik. Rasio yang baik untuk melaksanakan pembelajaran profesi dokter spesialis di program studi Ilmu Bedah Plastik Rekonstruksi dan Estetik FKUI.

Sejalan dengan perkembangan Ilmu dan Teknologi yang sangat pesat dan sesuai dengan visi dan misi Universitas serta Fakultas Kedokteran, maka pengembangan staf menjadi sangat penting. Staf pengajar diberikan motivasi untuk meningkatkan pengetahuan dan kemampuannya dengan memberikan kesempatan untuk belajar baik di dalam negeri maupun pendidikan-pendidikan singkat di luar negeri, dan melanjutkan jenjang pendidikan S3. Semua staf pengajar juga aktif dalam mengikuti kegitan ilmiah, workshop, lokakarya, diskusi, symposium di bidang ilmu bedah plastik rekonstruksi dan estetik baik nasional maupun internasional secara periodik.

Daftar Staf Pengajar Ilmu Bedah Plastik Rekonstruksi dan Estetik FKUI/RSCM

No.

Staf Pengajar

1.

Prof. dr. Chaula L Sukasah, SpB, SpBP-RE(K)

2.

dr. Imam Susanto, SpB, SpBP-RE(K)

3.

dr. Theddeus OH Prasetyono, SpBP-RE(K)

4.

dr. Aditya Wardhana, SpBP-RE(K)

5.

dr. Kristaninta Bangun, SpBP-RE(KKF)

6.

dr. Parintosa Atmodiwirjo, SpBP-RE(K)

7.

dr. Siti Handayani, SpBP-RE(KKF)

8.

 dr. Prasetyanugraheni Kreshanti, SpBP-RE(KKF)

9.   

dr. Nandita Melati Putri, SpBP-RE

Daftar Dosen Home Base Ilmu Bedah Plastik Rekonstruksi dan Estetik FKUI/RSCM

No.

Staf Pengajar

1

dr. Theddeus OH Prasetyono, SpBP-RE(K)

2

dr. Aditya Wardhana, SpBP-RE(K)

3

dr. Kristaninta Bangun, SpBP-RE(KKF)

4

dr. Parintosa Atmodiwirjo, SpBP-RE(K)

5

dr. Siti Handayani, SpBP-RE(KKF)

6

dr. Prasetyanugraheni Kreshanti, SpBP-RE(KKF)